Skip to main content
ppid

DISKOMINFO KONAWE UTARA MENERAPKAN PALAYANAN INFORMASI DAERAH SATU PINTU

Wanggudu, diskominfo.konaweutara.go.id, Di era globalisasi, informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan Negara yang baik. Pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) pada 30 April 2010 merupakan momentum penting dalam mendorong keterbukaan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Konawe Utara. Undang-Undang ini telah memberikan landasan hukum terhadap hak setiap orang untuk memperoleh informasi publik di mana setiap Badan Publik mempunyai kewajiban dalam menyediakan dan melayani permohonan informasi publik secara cepat,tepat waktu, biaya ringan dan cara sederhana.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 117 tahun 2010 tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi di mana salah satu tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi. Terkait dengan tugas tersebut, Pemerintah Kabupaten Konawe Utara menetapkan Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Konawe Utara. Dengan adanya pedoman ini, diharapkan implementasi Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dapat berjalan efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas secara nyata terpenuhi.

Sisi lain Undang – Undang Keterbukaan Informasi Publik, menuntut kinerja Badan Publik yang transparan, efektif, efesien dan akuntabel. Oleh karena itu pelayanan informasi publik  harus mendapat perhatian yang serius bagi kita semua sebagai Badan Publik penyedia informasi, dengan meningkatkan pengelolaan informasi yang berkualitas serta memberikan pelayanan dan menyediakan informasi publik yang mudah diakses oleh masyarakat.

Disela-sela kesibukanya Kadis Kominfo Konawe Utara, Drs. H. Kohar., M.Si  Mengungkapkan :   “ Selaku Dinas yang diamanahkan Undang-undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, untuk melaksanakan tupoksi tersebut,Untuk tujuan inilah setiap Badan Publik wajib menunjuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), yang tugas pokok dan fungsinya adalah bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan informasi.

“ untuk Di tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, PPID ditetapkan dengan Surat Keputusan Gubernur Provinsi Sulawesi dan untuk Badan Publik OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai PPID Pembantu/OPD ditetapkan dengan surat Keputusan Kepala Badan Publik/OPD”, lanjuntnya.

Demikian di tingkat Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Tenggara, PPID Kabupaten/Kota ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati atau Walikota, sedang Badan Publik / OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten atau Kota sebagai PPID Pembantu/OPD ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Badan Publik /OPD.

Melanjutkan Penjelasan Administrator Website Kabupaten ( Awaludi Pagala, ST ) Menambahkan : “ Tahun 2019 ini Demi menunjang pelaksanaan kegiatan PPID dan mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi, saat ini kami dalam tahap develop portal khusus untuk PPID dengan alamat domain : www.ppid.konaweutarakab.go.id yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Konawe Utara dan perangkat sarana prasarana lainnya yang masih dalam pembenahan, Awaludin Pagala, ST lanjut menjelaskan : ‘ hal ini merupakan langkah awal untuk menunjang keterbukaan informasi pada Badan Publik yang ada di Kabupaten Konawe Utara agar lebih maju, transparan, akuntabel dan responsif dalam mewujudkan dan merubah paradigma baru yang mengarah pada Pemerintahan sehingga terwujudnya Good Governance dan Clean Goverment dalam mendukung tercapainya program pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Konawe Utara”.

Untuk itu Bagi Masyarakat Konawe Utara bisa memanfaatkan layanan ini untuk memohon informasi diharapkan mau memanfaatkan sarana yang telah disediakan melalui wibesite ppid.konaweutarakab.go.id atau datang langsung kepada badan publik untuk memperoleh informasi yang diinginkan yang telah kami koordinir disetiap OPD.

Redaksi : diskominfo.konaweutarakab.go.id

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.